KOMUNIKASI, JARINGAN, DAN PROTEKSI



Analog vs Digital
2. Modem
3. Jaringan
4. Proteksi

DATA ANALOG
Data analog merupakan proses pengiriman sinyal dalam bentuk gelombang yang selalu berubah-rubah baik frekuensi atau amplitudonya.

DATA DIGITAL
Data digital merupakan proses pengiriman data dalam bentuk dua simbol, yaitu on dan off.

MODEM
Fungsi Modem ada 2 macam :
1. Modulasi : untuk menerjemahkan sinyal digital computer menjadi sinyal analog agar bisa ditransmisikan melalui kabel telpon
2. Demodulasi : Untuk menerjemahkan sinyal analog menjadi sinyal digital yang akan diterima computer.

JARINGAN
MANFAAT JARINGAN
1. Berbagi perangkat Periferal
2. Berbagi program dan data
3. Komunikasi yang lebih baik
4. Kemanan Informasi
5. Akses ke Database

JENIS JARINGAN
1. Wide Area Network (WAN)
Merupakan jaringan komunikasi yang mencakup area geografis yang sangat luas. Misalnya pada sebuah negara atau dunia. WAN dimanfaatkan untuk menghubungkan LAN. Dapat dimiliki secara pribadi atau disewakan. Contoh WAN yang paling sederhana adalah Internet.
2. Metropolitan Area Network (MAN)
Jaringan komunikasi yang mencakup sebuah kota atau daerah. Biasanya dibangun untuk mem-bypass perusahaan telepon lokal ketika mengakses layanan jarak jauh. Banyak sistem ponsel menggunakan MAN Merupakan jaringan lokal, menghubungkan computer dan peranti dalam cakupan geografis yang terbatas. Biasa digunakan di perkantoran, atau kumpulan gedung yang berdekatan.
3. Home Area Network (HAN)
Merupakan jaringan yang menggunakan kabel atau nirkabel untuk menghubungkan beberapa piranti digital di rumah. Seperti computer, printer, DVD, TV, dan sistem keamanan rumah.
4. Personal Area Network (PAN)
Jaringan nirkabel jarak dekat untuk menghubungkan benda-benda elektronik pribadi seperti ponsel, PDA, pemutar MP3, dan printer. Contohnya adalah Bluetooth, ultra wideband, USB Nirkabel.
5. Home Automation Network
Jaringan yang menggunakan teknologi yang sangat murah, berjarak sangat pendek dan berdaya rendah. Menggunakan switch dan sensor.

Struktur Jaringan
Jaringan Klien / Server Terdiri atas Klien sebagai computer yang menerima data, dan server yaitu computer yang mengirim data. Server digunakan untuk keperluan sharing misalnya printer. Contoh server adalah server file, database, print server dan server web. Jaringan peer to peer Suatu model komunikasi dua arah antar pengguna PC melalui jaringan komputer atau Internet tanpa melalui sebuah server. Jaringan ini lebih murah daripada jaringan klien / server.

Peranti Penghubung Jaringan
1. Hub
Titik koneksi semua peranti di jaringan. Lokasi mengumpulnya data yang datang dari satu arah atau lebih dan diteruskan ke satu arah yang lain.

2. Switch
· menghubungkan computer ke jaringan.
· Bersifat full-duplex
· Kelebihannya adalah Bandwidth tidak terbagi.

3. Bridge
Antarmuka untuk menghubungkan jaringan yang jenisnya sama. Contoh untuk menghubungkan LAN to LAN.

4. Gateway
Antarmuka yang memungkinkan komunikasi antar jaringan yang tidak sama. Seperti LAN to WAN.

5. Router
Peranti khusus yang bertugas menangani lalu lintas data pada jaringan.

6. Backbone
Merupakan jalur yang menghubungkan seluruh jaringan computer dalam sebuah organisasi.

Topologi Jaringan


1. Jaringan Bus (Daisy Chain)
o Semua peranti terhubung ke kabel yang sama.
o Kelebihannya : dapat dibuat menjadi jaringan klien/server atau peer to peer.
o Kekurangannya : dibutuhkannya tambahan alat atau perangkat lunak untuk menghindari tabrakan antar data.
o Dan jika terdapat kerusakan salah satu koneksi maka seluruh jaringan berhenti beroperasi.

2. Jaringan Ring
Semua peranti terhubung dalam satu loop yang tidak ada titik ujung pangkalnya.
Tidak ada server pusat
kelebihannya : pesan hanya mengalir dalam satu arah sehingga tidak terjadi tubrukan data.
Kekurangannya : jika terjadi kerusakan pada salah satu koneksi, seluruh jaringan akan berhenti bekerja.

3. Jaringan Star
semua peranti terhubung secara langsung ke server pusat.
Server pusat sebagai peranti yang memonitor arus lalu lintas data.
Kelebihannya : Jika pada jaringan salah satu peranti (bukan server) itu rusak, maka jaringan masih bisa berjalan.
Kekurangannya : jika server rusak, maka semua sistem akan berhenti bekerja.


Cara mencegah tabrakan data

ETHERNET
Ketika dua peranti mengirim data pada saat yang sama sehingga memungkinkan terjadinya tabrakan datam ethernet menginstruksikan kedua peranti untuk mengirim ulang sebuah paket data. Biasa digunakan pada topologi star.

TOKEN RING
menggunakan sinyal (token) yang berkeliling
Biasa digunakan pada topologi star atau ring. Kelebihannya : koneksi kabel yang rusak bisa lebih mudah dideteksi.
Cara mencegah tabrakan data : TOKEN RING


Media Komunikasi Kabel

1. Twisted Pair Wire (Kabel Ulir)
Terdiri atas dua utas kawat tembaga yang dipilin mengelilingi satu sama lain. Konfigurasi ini mampu mengurangi interferensi sinyal listrik (crosstalk). Kabel ini relative lambat hanya bisa membawa data dengan kecepatan 1-128 megabit per detik.

2. Kabel Koaksial
Kabel transmisi berfrekuensi tinggi yang terdiri atas kabel tembaga yang terbungkus dalam pelindung logam dan kemudian dibungkus lagi dengan penutup plastic eksternal. Karena ada pelindung, kabel ini lebih tahan terhadap noise, Transmisi data bisa mencapai 200 megabit per detik.

3. Kabel serat optic.
Terdiri atas lusinan atau ratusan serat kaca atau plastic yang tipis yang mampu mentransmisikan getaran cahaya, bukan sinyal listrik. Transmisi bisa mencapai 2 gigabit per detik. Tidak terganggu oleh noise, lebih ringan dan tahan lama serta sulit disadap. Kekurangannya adalah harganya yang mahal.


Empat Jenis Media Komunikasi Nirkabel
1. Transmisi inframerah
Mengirim sinar inframerah pada frekuensi sangat rendah. Kekurangannya komunikasi yang terjadi harus bersifat lurus tidak boleh ada penghalan antara pengirim dan penerima. Dan transmisi hanya bisa dilakukan untuk jarak dekat.
2. Siaran Radio
Transmisi nirkabel yang mengirim data jarak jauh hingga 2 megabit per detik. Diperlukan transmitter dan receiver.

3. Radio Microwave
Transmisi data nirkabel yang mengirim data dengan kecepatan sampai 45 megabit per detik melalui atmosfer pada gelombang radio frekuensi sangat tinggi yang bergetar sebanyak 1 gigahertz. Contohnya adalah komunikasi bumi-satelit dan Bluetooth.


4. Nirkabel
Transmisi data nirkabel yang menggunakan satelit. Harganya sangat mahal hingga 300-700 juta dolar per buah. Penggunaan satelit ini merupakan contoh penggunaan teknologi GPS.


Contoh Komunikasi Nirkabel
Layanan Seluler 1G
Masih menggunakan ponsel analog yang ditransmisikan dalam bandwidth 824-849 megahertz. Panggilan diarahkan antarsel oleh kantor switch pnsel. (MTSO-Mobile Phone Switching Office).

Layanan nirkabel 2G
Sudah didukung oleh ponsel digital. Menggunakan jaringan dari menara menara antenna untuk mengirim komunikasi data melalui udara dalam bentuk digital. Kecepatan sudah 9,6-14,4 kilobit per detik. Standar umum yang digunakan dalah pada ponsel CDMA dan GSM.

Layanan Nirkabel 2.5 G
Menawarkan kecepatan data sebesar 30 hingga 110 kilobit per detik. Contoh upgrade untuk ponsel GSM adalah penerapan GPRS dan EDGE.

Layanan Digital Nirkabel 3G
Menggunakan teknologi broadband berbasis GSM. Mampu membawa data dengan kecepatan tinggi (144kbps – 2Mbps). Aplikasinya adalah diterapkannya teknologi EV-DO dan UMTS.

WIMAX
Teknologi nirkabel jarak jauh yang dapat mengirim data dalam jangkauan 6 hingga 10 mil, dengan kecepatan hingga 20 megabit per detik. Bisa mengcover daerah yang sangat luas




DENIAL OF SERVICE (DOS)
Serangan berupa permintaan yg berulang-ulang terhadap komputer atau jaringan sehingga overload dan mengalami crash

WORM
Program yg bisa menyalin dirinya sendiri secara terus-menerus ke komputer sehingga dapat merusak komputer

VIRUS
Program yang bisa merusak atau menghapus data.

TROJAN HORSE
Program yang berpura-pura sebagai program yg bermanfaat, misalnya game / screensaver, tetapi membawa virus yg bisa berjalan tanpa sepengetahuan user dan bisa mengontrol komputer kita.

HACKER VS CRACKER
HACKER
Orang-orang yg menyukai dunia komputer, senang bahasa pemrograman dan bisa mengakses jaringan secara illegaltanpa menimbulkan dampak negatif.
Jenisnya :
Thrill Seeker Hacker : Mengakses komputer sebagai tantangan.
White Hat Hacker : Mengakses dan memperbaiki sistem yang berlubang.

CRACKER
[Hacker Perusak]
Jenisnya:
Script Kiddies : Cracker gol.bawah
Hacktivist : Motif sosial / politik
Black-Hat Hacker : Menembus jaringan untuk mencuri informasi
Cyberterrorist : Motif politik dan terencana dari agen rahasia untuk mendapat informasi suatu sistem besar,

PERLINDUNGAN PROTEKSI
Antivirus
Firewall
Password
Autentikasi biometrik
Enkripsi
Tugas
Apa itu Home Automation System dan Berikan Contohnya
Jelaskan tentang Smart Home ????
Apa itu Wireless Sensor Network, jelaskan cara kerjanya dan berikan contohnya
Jelaskan tentang teknologi biometrik, berikan contoh dan prinsip kerjanya

atau Download disini || KumpulBagi

Related Posts:

Konsep Dasar Internet


Internet adalah sebuah sistem, merupakan jaringan dari berbagai jaringan komputer di seluruh dunia. Media penghubung jaringan antara lain; kabel, gelombang radio, cahaya (serat optic).

Definisi Intranet
• Intranet adalah Jaringan Komputer yang khusus untuk penggunaan pada lingkungan di dalam batasan suatu Organisasi.
• Dilihat dari sudut teknisinya, Intranet didefinisikan sebagai penggunaan teknologi Internet dan WWW di dalam sebuah jaringan komputer lokal (LAN).
• LAN adalah sekumpulan komputer – komputer yang saling dihubungkan pada suatu daerah atau lokasi tertentu.

Related Posts:

FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS


1.      Konsep fungsi
Fungsi atau Pemetaan merupakan Relasi dari himpunan A ke himpunan B disebut fungsi atau pemetaan, jika dan hanya jika tiap unsur dalam himpunan A berpasangan tepat hanya dengan sebuah unsur dalam himpunan B.f adalah suatu fungsi dari himpunan A ke himpunan B, maka fungsi f dilambangkan dengan f : A à B
Operasi dalam Fungsi :
n  Penjumlahan : (f+g)(x) = f(x) + g(x)
n  Pengurangan : (f-g)(x) = f(x) – g(x)
n  Perkalian : (f.g)(x) = f(x) . g(x)
n  Pembagian : (f/g)(x) = f(x) / g(x)

Related Posts:

PERTIDAKSAMAAN

1.      Definisi Pertidaksamaan
Sebuah Pertidaksamaan adalah pernyataan bahwa dua kuantitas tidak setara nilainya. Salah satu pernyataan matematika yang mengandung satu peubah atau lebih yang dihubungkan oleh tanda-tanda ketidaksamaan, yaitu: <, >, ≤, atau ≥.

Related Posts:

PENULISAN EJAAN DAN TANDA BACA



I.  Konsepsi  Ejaan

EJAAN adalah  keseluruhan  pelambangan  bunyi  bahasa,  penggabungan dan pemisahan kata, penempatan tanda baca dalam     tataran satuan bahasa.Pengertian  senada  dengan  KBBI (2005:205),  Ejaan adalah  kaidah- kaidah  cara  menggambarkan  bunyi-bunyi  dalammbnetuk  hurufserta penggunaan  tanda baca dalam tataran wacana.  Berdasrkan  konsepsiejaan tersebut, cakupan  bahasan ejaan membicarakan
(1)  pemakian huruf vocal dan konsonan, (2)  penggunaan huruf capital dankursif,
(3)  penulisan kosakata dan bnetukan kata,

(4)  penulisan unsure serapan afiksasi dan kosakata asing, dan

(5)  penempatan dan pemakaian tanda baca.

Ke-5 aspek ejaan tersebut ditata dalamkaidah ejaan yang disebut Ejaan yang

Disempurnakan sejak1972.

Related Posts:

RAGAM DAN LARAS BAHASA



1. PENDAHULUAN

Ketika bahasa itu berada pada tataran fungsi bahasa ekspresi diri dan fungsi bahasa komunikasi, bahasa yang digunakan masuk ke dalam ragam bahasa dalaras  bahasa.  Ragam  bahasa  adalah  variasi  bahasa  yang  terbentuk karena  pemakaian  bahasa.  Pemakaian  bahasa  itu  dibedakan  berdasarkan media yang digunakan topik pembicaraan, dan sikap pembicaranya. Di pihak lain, laras bahasa dimaksudnya kesesuaian antara bahasa dan fungsi pemakaiannya.  Fungsi  pemakaian  bahasa  lebih  diutamakan  dalalaras bahasa dari pada aspek lain dalam ragam bahasa. Selain itu, konsepsi antara

Related Posts:

Konsep dan Fungsi Bahasa

A. Konsepsi  Bahasa

Sampai   denga abad   XX in perkembangan    ilm dan   teknologi menunjukkan bahwa bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional sangat berperan sebagai sarana komunikasi. Dalam bidang akademik bahasa Indonesia telah menunjukkan peranannya dalam berbagai disiplin ilmu melalui bentuk-bentuk tulisan ilmiah seperti  makalah  dan skripsi. Pada dasarnya  interaksi  dan macam kegiatan akademik tidak akan sempurna atau berjalan dengan baik dan benar. Begitu pentingnya   bahasa   sebaga sebaga saran komunikas batasan   atau pengertian    BAHASA  adalah  sarana  komunikasi  antaranggota  masyarakat dalam menyampaikan ide dan perasaan secara lisan atau tulis.

Related Posts:

Tentang C dan C++





Sebuah bahasa pemrograman dapat dikategorikan ke dalam tiga level bahasa, yaitu:
1. Bahasa tingkat tinggi
2. Bahasa tingkat rendah.

Semakin tinggi level suatu bahasa maka bahasa pemrograman tersebut akan mudah untuk dipelajari karena dekat dengan bahasamanusia. Sebaliknya, semakin rendah level suatu bahasa pemrograman maka makin sulit untuk dipelajari karena dekat dengan bahasa mesin.

Related Posts:

Apa itu Algoritma & Struktur Data?



          Algoritma berasal dari kata algoris dan ritmis yang pertama kali diungkapkan oleh Abu Ja’far Mohammad Ibn Musa Al Khowarizmi (825M) dalam buku Al-Jabr Wa-al Muqobla.
Algoritma dapat didefinisikan sebagai urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis untuk mencapai tujuan tertentu. Kata logis berarti bahwa nilai kebenarannya harus dapat ditentukan, benar atau salah. Langkah-langkah yang tidak benar dapat memberikan hasil yang salah.

Contoh :
Misalkan terdapat dua buah gelas, gelas A dan gelas B. Gelas A berisi air berwarna merah dan gelas B berisi air berwarna biru, kita ingin menukarkan isi air kedua gelas tersebut, sehingga gelas A berisi air berwarna biru dan gelas B berisi air berwarna merah.

Algoritma diatas tidak menghasilkan pertukaran yang benar, langkah-langkahnya tidak logis, karena yang terjadi bukan pertukaran tetapi percampuran antara air di gelas A dengan air di gelas B. Sehingga algoritma Tukar Isi Gelas diatas Salah.
Dari permasalahan diatas algoritma yang benar adalah bahwa untuk menukarkan isi air pada gelas A dengan isi air pada gelas B maka dibutuhkan sebuah gelas bantuan yang dipakai untuk menampung salah satu air dalam gelas tersebut misalkan gelas C.

Algoritma : Rangkaian langkah-langkah/alur pikiran untuk menyelesaikan suatu masalah yang sifatnya logis dan sistimatis

Sifat-sifat Algoritma :
Definiteness (jelas) : Mudah dibaca/jelas maksudnya (tiap langkah jelas uraiannya) dan tidak ambigu
Finiteness: Berawal dan berakhir
Input : Tidak harus ada data masukan yang dimasukkan dari luar
Output : Paling tidak harus ada satu keluaran
Effectiveness: Tiap instruksi harus efektif (tepat dan efisien)
Bahasa pemrograman :
Bahasa komputer yang digunakan dalam penulisan program
Pemrogram/Programmer :
Orang yang membuat program komputer
Pemrograman :
Kegiatan merancang atau menulis program computer
KELOMPOK BAHASA PEMROGRAMAN

          Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Language), bahasa yang berorientasi pada mesin. Pemrogram dengan bahasa ini harus berpikir berdasarkan logika mesin berpikir, sehingga bahasa ini kurang fleksibel dan sulit dipahami. Contoh : Bahasa mesin, Bahasa rakitan (assembly).
Bahasa Tingkat Menengah (Middle Level Language), bahasa pemrograman yang menggunakan aturan-aturan gramatikal dalam penulisan ekspresi atau pernyataan dengan standar yang mudah dipahami manusia serta memiliki instruksi-instruksi tertentu yang langsung bisa diakses oleh komputer.
Bahasa Tingkat Tinggi (Hight Level Language), bahasa pemrograman yang menggunakan aturan-aturan gramatikal dalam penulisan ekspresi atau pernyataan dengan standar bahasa yang langsung dapat dipahami oleh manusia. Contoh : Pascal, C/C++, Delphi, Visual Basic

Interpreter dan Compiller
Agar komputer memahami program yang disusun dengan bahasa pemrograman, maka dibutuhkan suatu penerjemah yaitu Interpreter dan Compiller.
Interpreter merupakan penerjemah bahasa pemrograman yang menerjemahkan instruksi demi instruksi pada saat eksekusi program. Pada saat penerjemahan interpreter akan memeriksa sintaksis (sintak program), semantik (arti perintah), dan kebenaran logika. Jika ditemukan kesalahan sintaksis (syntak error) maka interpreter akan menampilkan pesan kesalahan dan eksekusi program langsung terhenti.
Compiler merupakan penerjemah bahasa pemrograman yang menerjemahkan instruksi-instruksi dalam satu kesatuan modul ke dalam bahasa mesin (objek program), kemudian objek program akan mengalami linking yang berfungsi untuk menggabungkan modul-modul tersebut dengan modul-modul lain yang berkaitan seperti data tentang karakteristik mesin, file-file pustaka atau objek program lainnya yang berkaitan dengan objek lainnya menghasilkan file Executable program yang akan dieksekusi oleh komputer.

Langkah Pemecahan Masalah
(1) Inisiasi solusi secara umum:
Deskripsi masalah,
Merancang algoritma-algoritma untuk memecahkan masalah (bisa lebih dari satu solusi untuk satu permasalahan) dan
Menekankan pada ketepatan solusi

(2) Analisa algoritma :
Menekankan pada efisiensi seperti efisiensi waktu dan efisiensi ruang
Melakukan analisa algoritma dari solusi-solusi yang dirancang
Memilih metode struktur data yang tepat
Contoh: analisis kompleksitas algoritma (Asymptotic Analysis) untuk membandingkan dua metode sorting, yakni insertion sort dan merge sort (akan dijelaskan di pertemuan berikutnya)

(3) Implementasi solusi
Menggambar flowchart dan atau menulis pseudocode
Menerjemahkan ke dalam bahasa pemrograman tertentu
Melakukan pengujian (debugging) dan perbaikan program

Standar Program yang Baik
1. Standar Penyusunan Program
Kebenaran logika
Waktu untuk penulisan program
Kecepatan maksimum eksekusi program
Ekspresi penggunaan memori
User friendly (bisa dikembangkan programmer developer lain)
Portability (instalasi dan inisiasi mudah)
Pemrograman Modular (memudahkan perawatan)
2. Standar Perawatan Program
Dokumentasi pemakaian untuk pengguna
Dokumentasi pengembangan untuk programmer (biasanya berbentuk komentar- komentar pada source code program)
Konvensi penulisan instruksi (memudahkan pengerjaan program oleh programmer lain)


STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Algoritma berupa langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Langkah-langkah tersebut yaitu :
Sequence Structure (struktur runtunan)
Digunakan untuk program yang instruksinya sequential/urutan.
Selection Structure (struktur percabangan)
Digunakan untuk program yang menggunakan pilihan/penyeleksian kondisi .
Repetition Structure (struktur perulangan)
Digunakan untuk program yang instruksinya akan dieksekusi berulang-ulang.

NOTASI ALGORITMIK
Notasi Algoritmik bukan notasi bahasa pemrograman sehingga siapapun dapat membuat notasi algoritmik yang berbeda. Namun demikian ketaatan atas notasi perlu diperhatikan untuk menghindari kekeliruan.Beberapa notasi yang digunakan untuk menulis algoritma :
Untaian kalimat deskriptif, dimana setiap langkah dinyatakan dengan bahasa yang gamblang/jelas
Menggunakan diagram alir (flow chart)
Menggunakan pseudo-code
Pseudo : semu, tidak sebenarnya, pura-pura; adalah notasi yang menyerupai notasi bahasa pemrograman tingkat tinggi

Contoh Penyajian Algoritma
Contoh 1 : Algoritma untuk mencari rata-rata dari 3 bilangan bulat yang diinputkan:
Algoritma dengan struktur bahasa Indonesia
Baca bilangan a, b, dan c
Jumlahkan ketiga bilangan tersebut
Bagi jumlahnya dengan 3
Tulis hasilnya

Algoritma dengan pseudocode
Algoritma CARI_RERATA
a, b, c, Jml: integer
Rerata : real
Input (a,b,c)
Jml <- a+b+c
Rerata <- Jml/3
Output (Rerata)
c. Algoritma dengan flowchart

Contoh : Algoritma untuk mencari luas lingkaran :

a. Algoritma dengan struktur bahasa Indonesia
Beri nilai phi dengan 3.14
Masukkan jari-jari lingkaran
Kalikan phi dengan kuadrat dari jari-jarinya
Tulis hasilnya
b. Algoritma dengan pseudocode
Algoritma LUAS_LINGKARAN
phi, L, R : real
phi <- 3.14
Input(R)
L <- phi * R^2
Output(L)
c. Algoritma dengan flowchart
Flowchart
Flowchart (bagan alir) adalah suatu bagan yang menggambarkan/mempresentasikan suatu algoritma/prosedur untuk menyelesaikan masalah.
Flowchart ada dua macam :
Flowchart System
Flowchart Program

Flowchart System
Yaitu bagan yang menggambarkan suatu prosedur dan proses suatu file dalam suatu media menjadi file dalam media yang lain dalam suatu sistem data.
Simbol yang digunakan :
Flowchart Program
Yaitu bagan yang menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah.
Sibol – symbol Diagram Alir (Flowchart )Program

Pseudocode
Mempermudah pembuatan program Independen dari berbagai bahasa pemrograman. Notasi-notasinya bisa diterjemahkan ke berbagai bahasa pemrograman
Teks algoritma (pseudo-code) terdiri dari :
Head / Kepala algoritma (Judul) : memberikan nama pada algoritma; umumnya nama sudah dapat memberi gambaran pada prosedur penyelesaian masalah atau masalah yang akan diselesaikan
Deklarasi : menyatakan jenis dari setiap elemen data (variabel) yang akan digunakan dalam algoritma.
Deskripsi : merupakan inti prosedur penyelesaian masalah; meliputi pernyataan/operasi, fungsi, penjelasan,dll.
Konversi ke bahasa C

/* Program Hitung Rerata */
/* Menghitung nilai rerata sekumpulan bilangan */
/* bulat yang dibaca dari keyboard */
#include <stdio.h>
main()
{
/*Deklarasi*/
int x, n, k, jumlah;
float rerata;
/*Deskripsi*/
printf(“Masukkan jumlah data: “);
scanf(“%d”, &n);
k = 1;
jumlah = 0;
while (k <= n){
printf(“x = ? “);
scanf(“%d”, &x);
jumlah = jumlah = x;
k++;
}
rerata = (float) jumlah/n;
printf(“Rerata seluruh data = %f”, rerata);
}

Related Posts: