KOMUNIKASI, JARINGAN, DAN PROTEKSI



Analog vs Digital
2. Modem
3. Jaringan
4. Proteksi

DATA ANALOG
Data analog merupakan proses pengiriman sinyal dalam bentuk gelombang yang selalu berubah-rubah baik frekuensi atau amplitudonya.

DATA DIGITAL
Data digital merupakan proses pengiriman data dalam bentuk dua simbol, yaitu on dan off.

MODEM
Fungsi Modem ada 2 macam :
1. Modulasi : untuk menerjemahkan sinyal digital computer menjadi sinyal analog agar bisa ditransmisikan melalui kabel telpon
2. Demodulasi : Untuk menerjemahkan sinyal analog menjadi sinyal digital yang akan diterima computer.

JARINGAN
MANFAAT JARINGAN
1. Berbagi perangkat Periferal
2. Berbagi program dan data
3. Komunikasi yang lebih baik
4. Kemanan Informasi
5. Akses ke Database

JENIS JARINGAN
1. Wide Area Network (WAN)
Merupakan jaringan komunikasi yang mencakup area geografis yang sangat luas. Misalnya pada sebuah negara atau dunia. WAN dimanfaatkan untuk menghubungkan LAN. Dapat dimiliki secara pribadi atau disewakan. Contoh WAN yang paling sederhana adalah Internet.
2. Metropolitan Area Network (MAN)
Jaringan komunikasi yang mencakup sebuah kota atau daerah. Biasanya dibangun untuk mem-bypass perusahaan telepon lokal ketika mengakses layanan jarak jauh. Banyak sistem ponsel menggunakan MAN Merupakan jaringan lokal, menghubungkan computer dan peranti dalam cakupan geografis yang terbatas. Biasa digunakan di perkantoran, atau kumpulan gedung yang berdekatan.
3. Home Area Network (HAN)
Merupakan jaringan yang menggunakan kabel atau nirkabel untuk menghubungkan beberapa piranti digital di rumah. Seperti computer, printer, DVD, TV, dan sistem keamanan rumah.
4. Personal Area Network (PAN)
Jaringan nirkabel jarak dekat untuk menghubungkan benda-benda elektronik pribadi seperti ponsel, PDA, pemutar MP3, dan printer. Contohnya adalah Bluetooth, ultra wideband, USB Nirkabel.
5. Home Automation Network
Jaringan yang menggunakan teknologi yang sangat murah, berjarak sangat pendek dan berdaya rendah. Menggunakan switch dan sensor.

Struktur Jaringan
Jaringan Klien / Server Terdiri atas Klien sebagai computer yang menerima data, dan server yaitu computer yang mengirim data. Server digunakan untuk keperluan sharing misalnya printer. Contoh server adalah server file, database, print server dan server web. Jaringan peer to peer Suatu model komunikasi dua arah antar pengguna PC melalui jaringan komputer atau Internet tanpa melalui sebuah server. Jaringan ini lebih murah daripada jaringan klien / server.

Peranti Penghubung Jaringan
1. Hub
Titik koneksi semua peranti di jaringan. Lokasi mengumpulnya data yang datang dari satu arah atau lebih dan diteruskan ke satu arah yang lain.

2. Switch
· menghubungkan computer ke jaringan.
· Bersifat full-duplex
· Kelebihannya adalah Bandwidth tidak terbagi.

3. Bridge
Antarmuka untuk menghubungkan jaringan yang jenisnya sama. Contoh untuk menghubungkan LAN to LAN.

4. Gateway
Antarmuka yang memungkinkan komunikasi antar jaringan yang tidak sama. Seperti LAN to WAN.

5. Router
Peranti khusus yang bertugas menangani lalu lintas data pada jaringan.

6. Backbone
Merupakan jalur yang menghubungkan seluruh jaringan computer dalam sebuah organisasi.

Topologi Jaringan


1. Jaringan Bus (Daisy Chain)
o Semua peranti terhubung ke kabel yang sama.
o Kelebihannya : dapat dibuat menjadi jaringan klien/server atau peer to peer.
o Kekurangannya : dibutuhkannya tambahan alat atau perangkat lunak untuk menghindari tabrakan antar data.
o Dan jika terdapat kerusakan salah satu koneksi maka seluruh jaringan berhenti beroperasi.

2. Jaringan Ring
Semua peranti terhubung dalam satu loop yang tidak ada titik ujung pangkalnya.
Tidak ada server pusat
kelebihannya : pesan hanya mengalir dalam satu arah sehingga tidak terjadi tubrukan data.
Kekurangannya : jika terjadi kerusakan pada salah satu koneksi, seluruh jaringan akan berhenti bekerja.

3. Jaringan Star
semua peranti terhubung secara langsung ke server pusat.
Server pusat sebagai peranti yang memonitor arus lalu lintas data.
Kelebihannya : Jika pada jaringan salah satu peranti (bukan server) itu rusak, maka jaringan masih bisa berjalan.
Kekurangannya : jika server rusak, maka semua sistem akan berhenti bekerja.


Cara mencegah tabrakan data

ETHERNET
Ketika dua peranti mengirim data pada saat yang sama sehingga memungkinkan terjadinya tabrakan datam ethernet menginstruksikan kedua peranti untuk mengirim ulang sebuah paket data. Biasa digunakan pada topologi star.

TOKEN RING
menggunakan sinyal (token) yang berkeliling
Biasa digunakan pada topologi star atau ring. Kelebihannya : koneksi kabel yang rusak bisa lebih mudah dideteksi.
Cara mencegah tabrakan data : TOKEN RING


Media Komunikasi Kabel

1. Twisted Pair Wire (Kabel Ulir)
Terdiri atas dua utas kawat tembaga yang dipilin mengelilingi satu sama lain. Konfigurasi ini mampu mengurangi interferensi sinyal listrik (crosstalk). Kabel ini relative lambat hanya bisa membawa data dengan kecepatan 1-128 megabit per detik.

2. Kabel Koaksial
Kabel transmisi berfrekuensi tinggi yang terdiri atas kabel tembaga yang terbungkus dalam pelindung logam dan kemudian dibungkus lagi dengan penutup plastic eksternal. Karena ada pelindung, kabel ini lebih tahan terhadap noise, Transmisi data bisa mencapai 200 megabit per detik.

3. Kabel serat optic.
Terdiri atas lusinan atau ratusan serat kaca atau plastic yang tipis yang mampu mentransmisikan getaran cahaya, bukan sinyal listrik. Transmisi bisa mencapai 2 gigabit per detik. Tidak terganggu oleh noise, lebih ringan dan tahan lama serta sulit disadap. Kekurangannya adalah harganya yang mahal.


Empat Jenis Media Komunikasi Nirkabel
1. Transmisi inframerah
Mengirim sinar inframerah pada frekuensi sangat rendah. Kekurangannya komunikasi yang terjadi harus bersifat lurus tidak boleh ada penghalan antara pengirim dan penerima. Dan transmisi hanya bisa dilakukan untuk jarak dekat.
2. Siaran Radio
Transmisi nirkabel yang mengirim data jarak jauh hingga 2 megabit per detik. Diperlukan transmitter dan receiver.

3. Radio Microwave
Transmisi data nirkabel yang mengirim data dengan kecepatan sampai 45 megabit per detik melalui atmosfer pada gelombang radio frekuensi sangat tinggi yang bergetar sebanyak 1 gigahertz. Contohnya adalah komunikasi bumi-satelit dan Bluetooth.


4. Nirkabel
Transmisi data nirkabel yang menggunakan satelit. Harganya sangat mahal hingga 300-700 juta dolar per buah. Penggunaan satelit ini merupakan contoh penggunaan teknologi GPS.


Contoh Komunikasi Nirkabel
Layanan Seluler 1G
Masih menggunakan ponsel analog yang ditransmisikan dalam bandwidth 824-849 megahertz. Panggilan diarahkan antarsel oleh kantor switch pnsel. (MTSO-Mobile Phone Switching Office).

Layanan nirkabel 2G
Sudah didukung oleh ponsel digital. Menggunakan jaringan dari menara menara antenna untuk mengirim komunikasi data melalui udara dalam bentuk digital. Kecepatan sudah 9,6-14,4 kilobit per detik. Standar umum yang digunakan dalah pada ponsel CDMA dan GSM.

Layanan Nirkabel 2.5 G
Menawarkan kecepatan data sebesar 30 hingga 110 kilobit per detik. Contoh upgrade untuk ponsel GSM adalah penerapan GPRS dan EDGE.

Layanan Digital Nirkabel 3G
Menggunakan teknologi broadband berbasis GSM. Mampu membawa data dengan kecepatan tinggi (144kbps – 2Mbps). Aplikasinya adalah diterapkannya teknologi EV-DO dan UMTS.

WIMAX
Teknologi nirkabel jarak jauh yang dapat mengirim data dalam jangkauan 6 hingga 10 mil, dengan kecepatan hingga 20 megabit per detik. Bisa mengcover daerah yang sangat luas




DENIAL OF SERVICE (DOS)
Serangan berupa permintaan yg berulang-ulang terhadap komputer atau jaringan sehingga overload dan mengalami crash

WORM
Program yg bisa menyalin dirinya sendiri secara terus-menerus ke komputer sehingga dapat merusak komputer

VIRUS
Program yang bisa merusak atau menghapus data.

TROJAN HORSE
Program yang berpura-pura sebagai program yg bermanfaat, misalnya game / screensaver, tetapi membawa virus yg bisa berjalan tanpa sepengetahuan user dan bisa mengontrol komputer kita.

HACKER VS CRACKER
HACKER
Orang-orang yg menyukai dunia komputer, senang bahasa pemrograman dan bisa mengakses jaringan secara illegaltanpa menimbulkan dampak negatif.
Jenisnya :
Thrill Seeker Hacker : Mengakses komputer sebagai tantangan.
White Hat Hacker : Mengakses dan memperbaiki sistem yang berlubang.

CRACKER
[Hacker Perusak]
Jenisnya:
Script Kiddies : Cracker gol.bawah
Hacktivist : Motif sosial / politik
Black-Hat Hacker : Menembus jaringan untuk mencuri informasi
Cyberterrorist : Motif politik dan terencana dari agen rahasia untuk mendapat informasi suatu sistem besar,

PERLINDUNGAN PROTEKSI
Antivirus
Firewall
Password
Autentikasi biometrik
Enkripsi
Tugas
Apa itu Home Automation System dan Berikan Contohnya
Jelaskan tentang Smart Home ????
Apa itu Wireless Sensor Network, jelaskan cara kerjanya dan berikan contohnya
Jelaskan tentang teknologi biometrik, berikan contoh dan prinsip kerjanya

atau Download disini || KumpulBagi

Related Posts:

0 Response to "KOMUNIKASI, JARINGAN, DAN PROTEKSI"

Posting Komentar

NO SARA & NO SPAM