Konsep Dasar Internet


Internet adalah sebuah sistem, merupakan jaringan dari berbagai jaringan komputer di seluruh dunia. Media penghubung jaringan antara lain; kabel, gelombang radio, cahaya (serat optic).

Definisi Intranet
• Intranet adalah Jaringan Komputer yang khusus untuk penggunaan pada lingkungan di dalam batasan suatu Organisasi.
• Dilihat dari sudut teknisinya, Intranet didefinisikan sebagai penggunaan teknologi Internet dan WWW di dalam sebuah jaringan komputer lokal (LAN).
• LAN adalah sekumpulan komputer – komputer yang saling dihubungkan pada suatu daerah atau lokasi tertentu.

 Manfaat Intranet
• Perusahaan dapat mengatasi masalah utama yaitu tentang penyebaran informasi antar sesama karyawan dengan cara yang cepat, mudah, dan efektif. Tidak terikat oleh program atau hardware tertentu sehingga dapat melatih dan mendidik para pegawai perusahaan.
• Antara sesama karyawan dapat mengirimkan memo ke rekan kerja yang lain tanpa harus meninggalkan mejanya.
• Setiap karyawan bisa mengirimkan beberapa dokumen melalui komputer dengan demikian tidak perlu mencetak dokumen tersebut.
• Admin dapat meletakkan file – file program yang bisa digunakan oleh karyawan pada suatu folder bersama, sehingga dapat di – download oleh yang memerlukannya.
Perangkat Keras Intranet
• LAN
◦ Intranet sebenarnya adalah sebuah jaringan komputer lokal (LAN) yang diberikan teknologi internet atau WWW.
◦ Untuk membangun intranet, LAN harus memiliki sebuah jaringan komputer lokal terlebih dahulu.
◦ LAN terdiri dari beberapa komputer, dimana saling terhubung di dalam satu lokasi.
◦ Semua komputer di dalam LAN dapat saling berhubungan dan mengakses sumber – sumber daya 

yang ada pada komputer lain misal data pada server, data pada komputer lain, printer, periferal lain, dsb.
• Client - Server
◦ Komputer server dapat didefinisikan sebagai komputer pusat yang memberikan suatu data atau dokumen, sedangkan komputer yang meminta dokumen disebut sebagai client.
◦ Komputer client biasanya berupa PC biasa dan digunakan oleh user untuk meminta informasi dari server sedangkan komputer server digunakan untuk menyimpan data dan program serta menyediakan pelayanan network kepada client.
◦ Jika kedua komputer disatukan maka akan didapat sebuah model jaringan komputer client – server.
 Komponen LAN
 Komponen hardware yang dibutuhkan untuk membangun Intranet :
o Komputer Server
o Komputer Workstation
o Network Interface Card (NIC)
o Network Cable
 Server
• Server
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server ini didukung denganprosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar,dan juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Server ini juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya contoh sepertihalnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.
 Workstation
• Workstation adalah komputer yang digunakan oleh setiap orang untuk mengakses komputer pusat tetapi pada lingkungan networking yang ada.
• Workstation tidak dapat menjalankan tugas pemrosesan, tugas pemrosesan seluruhnya dilakukan oleh server sehingga beban pemrosesan dan lalu lintas network terpusat pada server.
• Istilah workstation juga sering disebut sebagai client.

 NIC (Network Interface Card)
• NIC atau sering juga disebut adapter card adalah sebuah kartu elektronik yang dipasang pada semua komputer yang ingin dihubungkan pada suatu network (termasuk komputer server – client).
• NIC inilah yang berfungsi menghubungkan komputer – komputer pada suatu LAN dan mengijinkan semua komputer tersebut dapat saling berkomunikasi.
 Network Cable
• Kabel ini berfungsi menghubungkan antar NIC yang dipasang pada setiap komputer.
• Jenis – jenis kabel yang digunakan untuk network adalah :
◦ Kabel Twisted pair, dibagi menjadi dua, yaitu :
§ Shielded Twisted Pair (STP)
§ Unshieled Twisted Pair (UTP)
◦ Kabel Coacsial
◦ Kabel Serat Optik
◦ Wireless
 Definisi Ekstranet
 Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.
 Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain- lain. Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes.

 Komponen dan Struktur Ekstranet
Ekstranet mempunyai dasar infrastruktur sama dengan internet, seperti TCP/IP Protocols, server, e-mail dan browser Web. Tetapi ekstranet menggunakan Virtual Private Network (VPN) untuk membuat komunikasi melalui internet lebih aman.
 Keuntungan yang diperoleh diantaranya sebagai berikut:
• Memerlukan lebih sedikit pekerja help-desk karena dengan mengotomatisasi inquiry system, pelanggan hanya menghubungi basis data untuk mencari informasi
• Meningkatkan kualitas, karena dengan komunikasi antar komputer dapat mengurangi error pada masukan data (data entry).
• Mengurangi biaya komunikasi dan transportasi maupun administratif
• Proses dan arus informasi lebih cepat
• Mengurangi pekerjaan yang menggunakan kertas dan pengiriman barang tepat waktu
• Peningkatan secara keseluruhan pada efektifitas bisnis

 Dikatakan Ekstranet apabila sebuah badan usaha atau bisnis tersebut mengekspose sebagian dari internal jaringan ke komunitas di luar agar dapat di akses jaringan luar (internet) adalah firewall dan router.
 Kelemahan ekstranet:
 Biaya tinggi pada awal pengembangan
 Membutuhkan staf ahli untuk mengembangkan ekstranet
 Membuat kontrak selama beberapa waktu untuk perencanaan, pengembangan, review
dan pelaksanaan
 Melakukan pemeliharaan teratur, upgrade, dan lain-lain
SEJARAH SINGKAT INTERNET


Awalnya merupakan proyek U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) pada tahun 1973. Bertujuan menghubungkan semua jenis komputer agar bisa berkomunikasi walaupun keadaan perang. Tahun 1986 U.S. national Science Foundation (NSF) memulai pembangunan NSFnet yang menjadi jalur utama internet. Tahun 1991, pihak swasta diperbolehkan mrenggunakan jalur internet untuk keperluan komersial, sehingga internet pada tahun ini mengalami booming.

 Keunggulan internet :
 Fast (real time)
 User friendly, tampilan dan cara penggunaan internet sangat mudah.
 Global area, akses informasi bisa melampau batas negara
 24 jam, akses internet tidak dibatasi waktu, karena internet tidak pernah tidur
 Interactive: pengguna internet bisa memilih jenis informasi sesuai keinginan dan memberikan umpan balik kepada penyedia informasi.
 Hyperlink: informasi dalam Internet tersajikan dalam bentuk hyperlink. Ini berarti bahwa para pengunjung dapat meloncat dari satu informasi ke informasi lainnya
 No License Required: Untuk dapat menayangkan informasi dalam Internet, tidak diperlukan adanya surat izin (SIUPP) terlebih dahulu
 No Censorship: hingga kini belum ada satu badan pun di dunia ini yang berwenang resmi untuk menyensor [apalagi membredel] informasi dalam Internet.
 No birocration, untuk mengirim email ke dosen atau pejabat tidak diperlukan birokrasi apapun karena akan langsung sampai ke yang bersangkutan
 Fasilitas yang ada di internet
 www (web)
 Email
 Chatting
 Voip (Voice Over Internet Protocol)
 Ftp/download
 Net Meeting
 Conference
 Newsgroup
 Mailing List
 Apa Yang bisa dilakukan di internet
 Membaca koran online
 Kuliah online
 Transfer uang
 belanja lewat internet
 Mencari foto dan gambar
 Mengakses dan mengisi database alumni SD, SMP, SMA dan PT
 Mencari alamat website
 Mencari artikel atau tulisan tertentu
 Mengikuti jajak pendapat
 Chatting
 Cari kerja lewat intenet
 Kerja lewat internet
 Diskusi / sharing informasi melalui email atau web
 main cybergame
 SMS via internet
 translate
 Download, dll, masih banyak lagi


 Pengaturan Alamat Homepage
 Organisasi Internasional yang mengatur sistem penamaan URL (Uniform Real Location) atau alamat homepage adalah InterNIC (Internasional Name Internet Cervice). Sedangkan organisasi nasional yang bertugas sama adalah IDNIC (indonesia Name Internet Cervice). Pengaturan alamat home page juga sering dikenal dengan DNS (Domain Name service).


 Konsep Jaringan Pada Internet
PROTOKOL
Agar komputer-komputer dalam suatu jaringan dapat berkomunikasi, maka dibutuhkan suatu protocol atau suatu aturan standar komunikasi baik antar komputer maupun antar jaringan komputer. Saat ini banyak jenis protocol jaringan komputer seperti:
 IPX/SPX yang biasa digunakan oleh jaringan Novell Netware.
 NETBIOS/NETBEUI yang biasa digunakan oleh jaringan Microsoft LAN Manager ataupun Microsoft Windows Networking.
 AppleTalk yang biasa digunakan oleh jaringan komputer Apple Macintosh
 dsb
Ada satu protocol yang dikembangkan oleh DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) dalam pengembangan dari ARPANET dan juga digunakan oleh jaringan komputer berbasis sistem operasi UNIX yaitu protocol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet protocol).

Protocol TCP/IP ini menjadi standar protocol yang digunakan pada jaringan Internet, karena TCP/IP dikembangkan untuk dpat diterapkan di hampir segala jenis platform komputer, biasa dikenal dengan konsep open system.

Router dan Gateway
Tidak seluruh komputer yang terhubung pada jaringan Internet ini secara fisik terkoneksi pada satu jaringan. Di lihat dari definisi di atas, jaringan terbentuk dari jaringan-jaringan lain yang membentuk suatu jaringan komputer yang sangat besar. Untuk menghubungkan jaringan-jaringan tersebut dilakukan dengan menggunakan router atau gateway disetiap jaringan.

Router ini yang menghubungkan suatu jaringan dengan jaringan lain dan juga berfungsi untuk memisahkan paket informasi jaringan tersebut dengan jaringan lainnya. Sehingga paket informasi yang hanya dibutuhkan untuk jaringan itu tidak akan keluar dari jaringan lokal dan begitu pula sebaliknya paket informasi dari luar yang tidak ditujukan untuk komputer yang ada pada jaringan tidak akan diteruskan ke dalam jaringan lokal.


 Metode Pengalamatan
Agar tiap-tiap komputer yang terhubung dengan jaringan Internet ini dapat saling berkomunikasi satu dengan lainnya diperlukan suatu tata cara pengalamatan pada jaringan komputer Internet ini, yang sistemnya hampir sama dengan tata cara pengalamatan nomor telepon dimana setiap telepon mempunyai nomor telepon yang unik.


Dengan konsep dari protokol TCP/IP, setiap komputer yang terhubung pada jaringan TCP/IP, ‘secara teori’ harus mempunyai suatu alamat yang unik (tidak ada yang sama). Alamat ini dikenal sebagai Internet Protocol Number (IP Number / IP Address), sebesar 32-bit dan direpresentasikan dalam bentuk desimal dibagi menjadi 4 bagian dipisahkan oleh titik.

Pada saat ini ada konsep-konsep baru yang memungkinkan satu IP dipakai oleh lebih dari satu komputer.
Contoh: 192.15.0.1

Host
Adalah suatu komputer yang terhubung dengan jaringan yang dalam hal ini adalah Internet. Komputer ini dapat memberikan fasilitas layanan kepada jaringan yang terhubung kepadanya.
Domain
Tata cara penamaan suatu host yang dikenal dengan istilah Domain, yang digunakan untuk menentukan posisi hirarki host dari jaringan Internet ini. Dibawah nama domain dalam hirarki ini dimungkinkan adanya nama subdomain.

Penentuan nomor IP Address dan nama domain tidak dapat dilakukan secara sembarang , permohonan harus diajukan kepada Internet Network Information Center (InterNIC). Badan ini bukan pengelola Internet melainkan megelola pemakaian alamat IP dan nama domain.

Beberapa nama domain yang ada di Internet:
 com, co : digunakan untuk badan komersial.
contoh: yahoo.com, rcti.co.id
 edu, ac : digunakan untuk lembaga pendidikan
contoh: ucla.edu, gunadarma.ac.id
 gov, go : digunakan untuk lembaga pemerintahan
contoh: fbi.gov, bppt.go.id
 net : untuk gateway jaringan, ISP
contoh: ibm.net
 mil : digunakan untuk militer
contoh: af.mil
 org, or : digunakan utuk organisasi
contoh: scout.org, asean.or.id

Karena saat ini jaringan Internet sudah mencakup banyak sekali negara, maka untuk mempermudah identifikasi lokasi host Internet ini, maka dibuat hirarki nama domain negara.
Berikut ini adalah beberapa nama domain negara:
id : Indonesia
au: Australia
ca : Canada
fr : France
my: Malaysia
sg : Singapura
uk: United Kingdom , dan lain-lain
 Identitas di Internet
Sesuai dengan tata cara penamaan domain di Internet, maka tata cara penamaan host di Internet sesuai dengan posisi pada hirarki domain dan sub-domain dari host tersebut.
Bentuk penamaan host di Internet adalah:
host.subdomain.domain
contoh: www.gunadarma.ac.id
www: nama host
Gunadarma: subdomain
ac: domain
Id: domain negara

Pengalamatan nama pemakai atau user pada host di Internet atau yang biasa disebut sebagai alamat E-Mail (Electronic Mail) adalah:
nama@host.subdomain.domain
contoh: ayumi_himekawa@yahoo.com
Koneksi ke Internet
Untuk dapat terkoneksi dengan Internet kita perlu terhubung dengan host atau jaringan yang telah terkoneksi dengan jaringan Internet atau dengan kata lain kita perlu koneksi dengan Internet gateway.

Internet Service Provider
Online Services atau yang dikenal dengan sebutan Internet Service Provider (ISP) adalah suatu perusahaan atau badan baik pemerintahan maupun swasta yang dapat memberikan fasilitas layan koneksi ke jaringan Internet bagi jaringan yang terhubung kepadanya.

ISP yang ada saat ini dapat berupa ISP yang bersifat tertutup dan ISP yang bersifat umum. ISP yang bersifat tertutup adalah lembaga atau badan yang hanya melayani atau dapat memberikan fasilitas jaringan Internet kepada jaringan lokal dari lembaga badan tersebut. Contohnya terdapat pada beberapa departemen pemerintahan, lembaga penelitian, perusahaan, ataupun lembaga pendidikan seperti Universitas Gunadarma ini. Pemakai dan komputer yang terhubung ke ISP ini biasanya terbatas.
ISP yang bersifat umum atau dapat memberikan layanan kepada masyarakat luas baik pribadi maupun lembaga yang ingin terkoneksi dengan jaringan Internet. ISP jenis ini bersifat komersial yaitu menjual jasa layanan koneksi dengan jaringann Internet.

Tidak semua ISP mempunyai hubungan langsung dengan jaringan di luar negeri atau umumnya Amerika Serikat karena memang di sana jaringan Internet awalnya dan berkembang sangat pesat. Hanya ISP yang besar yang mempunyai hubungan langsung karena biaya koneksi langsung ke luar negeri cukup mahal. Umumnya ISP- ISP kecil akan terhubung dengan ISP besar begitu juga halnya dengan perusahaan atau badan kemudian menjadi ISP yang bersifat tertutup. Dengan cara ini akan menekan biaya cukup besar karena koneksi yang digunakan bersifat lokal.

Bandwith
Dalam sistem komunikasi data komputer dikenal dengan istilah Bandwithatau kecepatan transmisi data, dalam satuan bit per detik. Semakin besar bandwith maka semakin cepat transmisi datanya.
Konfigurasi Koneksi
Untuk keperluan koneksi internet pada sebuah komputer pribadi, cukup dibutuhkan konfigurasi yang paling sederhana yaitu seperangkat komputer yang dihubungkan dengan saluran telepon melalui modem. Kemudian komputer disambungkan ke ISP melalui saluran telepon dengan cara dial up atau sama dengan menelepon ke ISP.

• Server
Pada suatu jaringan komputer yang terkoneksi dengan Internet dapat ditempatkan satu atau lebih komputer yang berfungsi sebagai server atau komupter yang dapat diakses baik dari jaringan tersebut maupun dari jaringan Internet. Ada berbagai jenis server yang dapat ditempatkan pada jaringan yang terkoneksi dengan Internet, diantaranya adalah:
Ø Domain Name Service (DNS) server
Komputer ini berfungsi sebagai identitas nama domain yang dimiliki oleh jaringan tersebut dan juga memelihara informasi data dari domain yang lain.


 Server
Dengan kata lain DNS adalah sebuah database yang berisi daftar informasihost dimana DNS server bertugas untuk menterjemahkan IP ke nama alamat dan sebaliknya dari nama alamat ke nomor IP.
ØMail Server
Komputer ini bertindak sebagai ‘Kantor Pos’ bagi suatu jaringan. Fungsi kerjanya memang mirip dengan Kantor Pos yang melayani surat keluar dan surat masuk.

ØFile Transfer Protocol (FTP) Server
Komputer ini bertindak sebagai penampung file-file yang dapat diakses oleh jaringan. File-file tersebut dapat di transfer baik untuk disimpan pada file server dari jaringan (upload) ataupun diambil dari file server untuk
 Server
ke komputer pada jaringan (download). File server ini juga dimungkinkan untuk dapat diakses dari jaringan Internet sehingga pemakai lain dari jaringan Internet dapat melakukan upload dan download dari tempat lain yang berbeda di jaringan Internet.


Ø Web Server
Informasi yang terdapat di Internet tidak lagi hanya berbentuk teks data tetapi dapat berbentuk informasi yang berupa grafis yang interaktif dengan pemakai. Hal ini dimungkinkan dengan adanya teknologi World Wide Web (WWW). Informasi www ini disimpan pada web server untuk dapat diakses dari jaringan Internet. Macam-macam server yang terdapat pada jaringan Internet ini seperti Transaction Server, gopher server, IRC server dll.

atau download disini || KumpulBagi 

Related Posts:

1 Response to "Konsep Dasar Internet"

  1. mantap gan sangat bermanfaat dan editannya bagus
    salam wibu sejati :v

    BalasHapus

NO SARA & NO SPAM