Ancaman Keamanan Komputer Dan Jaringan



Komputer di design untuk menjalankan dari satu instruksi ke instruksi lainnya. Instruksi-2 ini biasanya menjalankan suatu tugas yang berguna seperti kalkulasi nilai, memelihara database, dan berkomunikasi dengan user dan juga system lainnya. Bahkan terkadang system yang dieksekusi oleh komputer tersebut malah menimbulkan kerusakan. Jika kerusakan itu disebabkan oleh kesalahan program, maka biasa kita sebut sebagai bug software. Bug mungkin penyebab dari banyak nya performa system yang tidak diharapkan.


Akan tetapi jika sumber kerusakan itu berasal dari seseorang yang memang disengaja agar menyebabkan perlakuan system yang tidak normal, maka intruksi software tersebut kita sebut sebagai malicious code, atau suatu programmed threats. Hal ini lazim disebut dengan istilah malware untuk software malicious tersebut.

Ada banyak macam programmed threats. Para ahli memberi klasifikasi threats berdasarkan cara threats beraksi, bagaimana threats tesebut di trigger, dan bagaimana mereka menyebar. Beberapa tahun terakhir ini kejadian-2 dari programmed threats ini telah didiskripsikan secara seragam oleh media sebagai virus dan (lebih teknis) worms. Sebenarnya kurang tepat juga sebagai sinonimnya kalau dikatakan bahwa semua penyakit yang menimpa manusia disebabkan oleh virus.

macam - macam ancaman komputer dan jaringan

Viruses
Suatu virus adalah sederetan code yang disisipkan kedalam program executable lain, yang mana jika program normal tersebut dijalankan maka viral code juga akan dieksekusi. Viral code ini bisa menggandakan diri kepada program-2 lainnya. Virus bukan lah program yang terpisah, dia tidak bisa berjalan sendiri, biasanya ada program lain yang mentrigernya agar bisa jalan.
Worms.
Worms adalah programs yang bisa merambat dari satu komputer ke komputer lainnya lewat suatu jaringan, tanpa harus memodifikasi program lainnya pada mesin yang ditarget. Worms adalah program yang bisa berjalan secara independen dan berkelana dari satu mesin ke mesin lainnya. Mereka ini tidak mengubah program lainnya, walaupun bisa saja membawa kuda Trojan dalam perjalannya melalui koneksi jaringan, ini yang sangat berbahaya.
Trojan horses
Trojan Horse adalah program yang nampaknya mempunyai satu fungsi saja, akan tetapi dalam kenyataanya mempunyai fungsi-2 lain yang kadang membahayakan. Seperti dalam cerita Yunani kuno dalam kuda Trojan yang mempesona yang ternyata mengankut pasukan penyusup.
Analogi dari cerita kuda Trojan ini lah, suatu program dimasukkan kedalam sebuah program yang mana si pemrogram menginginkan bahwa sisipan program tersebut akan dijalankan misal pada logon, suatu game, sebuah spreadsheet, atau editor lainnya. Sementara program ini berjalan seperti yang diinginkan si user, akan tetapi tanpa sepengetahuan user sebenarnya ada program lain yang berjalan yang tidak relevan dengan program seharusnya. Bahkan program sisipan ini bisa sangat merusak dan berbahaya pada system komputer anda.
DOS/DDOS
Denial of Services dan Distributed Denial of Services adalah sebuah metode serangan yang
bertujuan untuk menghabiskan sumber daya sebuah peralatan jaringan komputer sehingga layanan jaringan komputer menjadi terganggu. Salah satu bentuk serangan ini adalah ‘SYN Flood Attack’, yang mengandalkan kelemahan dalam sistem ‘three-way-handshake’. ‘Three-way-handshake‘ adalah proses awal dalam melakukan koneksi dengan protokol TCP. Proses ini dimulai dengan pihak klien mengirimkan paket dengan tanda SYN. Lalu kemudian pihak server akan menjawab dengan mengirimkan paket dengan tanda SYN dan ACK. Terakhir, pihak klien akan mengirimkan paket ACK. Untuk menghadapi serangan seperti ini, sistem operasi – sistem operasi modern telah mengimplementasikan metode-metode penanganan, antara lain :
· Micro-blocks
· SYN Cookies.
· RST Cookies.
Bentuk lain dari serangan DOS adalah ‘Smurf Attack‘ yang mempergunakan paket ping request. DOS juga dapat dilakukan dengan cara mengirimkan permintaan layanan yang diberikan oleh sebuah hostsecara berlebihan atau terus menerus. Tujuan dari serangan model ini adalah untuk membuat host menjadi terlalu sibuk atau kehabisan sumber daya komputasi sehingga tidak dapat melayani permintaan-permintaan lainnya.


Phising
Adalah bentuk penipuan di internet dengan membuat seseorang mau memberikan informasi penting yang tidak berhak diketahuinya. Misalnya, dengan membuat sebuah website yang mirip dengan website sebuah bank. Seorang korban tidak menyadari dia telah tertipu kemudian memasukkan password yang setealh diketahui oleh si pembuatnya dapat saja digunakan untuk menguras tabungan korban.
Carding
Cybercrime yang dilakukan dengan melakukan penipuan dengan menggunakan kartu kredit (credit card fraud). Penipuan tersebut dilakukan dengan cara mencuri data-data nomor kartu kredit orang lain dan menggunakannya untuk transaksi di Internet. Carding dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus memiliki pengetahuan dalam pemrograman dan sistem keamanan jaringan. Para pelaku carding biasa disebut dengan carder. Carder dapat melakukan cardingdengan menggunakan bantuan program spoofing yang banyak dinstall di situs-situs Internet. Dengan menggunakan program spoofing, seorang carder dapat menembus jaringan komputer yang sedang melakukan transaksi menggunakan kartu kredit. Transaksi tersebut direkam untuk kemudian masuk ke email carder untuk bertransaksi di Internet.

Related Posts:

0 Response to "Ancaman Keamanan Komputer Dan Jaringan"

Posting Komentar

NO SARA & NO SPAM